KEGIATAN PENDAMPINGAN KELOMPOK TANI TAHAP I DI KANTOR GARDAMAS

Pada hari Sabtu tanggal 12 Oktober 2013 dilaksanakan kegiatan pendampingan pengurus kelompok tani (poktan) sasaran kegiatan Penguatan Kelembagaan Masyarakat Tani Dalam Mendukung Pengembangan Kawasan Sistem Pertanian Terpadu Berbasis Karet Tahun Anggaran 2013. Adapun peserta yang mengikuti kegiatan pendampingan ini adalah ketua atau diwakili oleh pengurus poktan. Poktan yang hadir antara lain dari Kecamatan Nibung (Poktan PB 260 dari dan Poktan Maju Lancar), Kecamatan Rawas Ulu (Poktan Wana Citra) dan Kecamatan Karang Jaya (Poktan Miot Indah).

Kegiatan pendampingan dimulai pada pukul 09.30 WIB (terlambat jadwal semula pukul 08.00 WIB dikarenakan peserta berasal dari lokasi yang jauh dan adanya kendala diperjalanan berupa ban motor pecah serta terbatasnya angkutan kendaraan umum). 

Kegiatan pendampingan ini dilaksanakan di Kantor Gardamas Mura. Kegiatan pendampingan kelembagaan ini dimaksudkan untuk membekali pengurus poktan dalam hal kelembagaan dan praktek pembuatan kelengkapan kelembagaan seperti AD/ART, SK, Profil Poktan, Logo, Struktur Kepengurusan, Papan Nama dan Papan nama skretariat poktan selain itu juga sebagai persiapan peserta sebelum berangkat mengikuti kegiatan pelatihan dan magang di Jawa Timur. Agar kegiatan pendampingan kelembagaan ini efektif tiap satu orang peserta didampingi oleh satu orang fasilitator TPM (Fasilitator).
Adapun penyampaian materi antara lain: 

  1. Materi Dasar-Dasar Berorganisasi. Materi disampaiakn oleh Dian Agus Priatmoko, S.Pi dibantu oleh TPM Titin Febriyanti. 
  2. Materi Pembuatan dan penyusunan AD/ART poktan dan dilanjutkan praktek dipandu oleh Titin Febriyanti, dibantu oleh TPM-TPM yang lain.
  3. Materi Profil Poktan dan SK Poktan dilanjutkan praktek pembuatan disampaikan oleh TPM Sugito, dibantu oleh TPM-TPM yang lain.
  4. Pembuatan logo, struktur organisasi dan papan nama dipandu oleh TPM.

Keluaran dari kegiatan pendampingan kelembagaan ini antara lain Draft AD/ART poktan, draft SK poktan, draft profil poktan, draft logo, draft papan nama poktan, draft papan sekretariat dan draft struktur organisasi poktan. 

Berikut adalah dokumentasi dari kegiatan pendampingan kelembagaan poktan tersebut;

Pengurus Kelompok Tani saat mengikuti kegiatan pendampingan kelembagaan  

Pengurus Kelompok Tani saat praktek pembuatan kelengkapan kelembagaan
bersama TPM

Pengurus Kelompok Tani saat praktek pembuatan kelengkapan kelembagaan
bersama TPM

Kelompok Tani saat praktek pembuatan kelengkapan kelembagaan bersama TPM

Kelompok Tani saat praktek pembuatan kelengkapan kelembagaan bersama TPM

Kelompok Tani saat praktek pembuatan kelengkapan kelembagaan bersama TPM

Pengurus Kelompok Tani bersama TPM