KUNJUNGAN TPM KELOMPOK TANI MINAK ANDALAN DESA NOMAN KEC. RUPIT DAN KELOMPOK TANI LUBUK TAPA DESA KARANG DAPO I KECAMATAN KARANG DAPO I


Pada hari Jum’at tanggal 29 November 2013 Koordinasi antara ketua kelompok tani Minak Andalan dengan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)  yang bertempat di rumah M.Nazip Latif selaku ketua kelompok tani Minak Andalan Desa Noman Kecamatan Rupit. Agenda yang dibahas pada pertemuaan tersebut adalah koordinasi masalah penguatan lembaga yang selama ini Ketua kelompok tani Minak Andalan Telah Mendapatkan pelatihan untuk penguatan kelembagaan di Jawa Timur.berdasarkan hasil dari kegiatan pelatihan di Jawa Timur Papan Struktur,Sekretariat telah terpasang sedangkan papan nama belum terpasang.untuk AD/ART dan SK Kepala Desa yang telah disahkan.
Selanjutnya kunjungan ke lahan Pembibitan Karet,kakau,dan kayu garu bantuan dari Dinas Kehutanan serta bibit tanaman karet dalam polibag bantuan Dari Dinas Perkebunan.untuk bantuan tanaman karet dalam polibag ini sudah tertanam di lahan anggota masing-masing. Adapun lahan Tanaman menghasilkan(TM) dengan kelon bibitnya GT,untuk tanaman yang telah menghasilkan dijadikan Lumb,Lumb yang dikembangkan Masih Kotor.Hasil-hasil Lumb dari anggota kelompok tani Minak Andalan dikumpulkan ditepi sungai.dan Tanaman Belum Menghasilkan (TBM) dengan kelon PB 260.

Dokumentasi Kegiatan Dilapangan:

Ketua Kelompok Minak Andalan di Desa Noman Kecamatan  Rupit Kab. Musi Rawas

Sekretariat Kelompok Tani Minak Andalan Desa Noman Kecamatan Rupit Kab. Musi Rawas

Suktruktur Kelompok Tani Minak Andalan Desa Noman Kecamatan Rupit Kab. Musi Rawas

Lahan Kelompok Tani Minak Andalan


Bibit Karet PB 260 mendapat dari Dinas Perkebunan Kab. Musi Rawas

Karet tua Kelompok Tani Minak Andalan Varietas GT I



Kegiatan Kunjungan pada hari Sabtu,30 November 2013 dalam pertemuan tersebut TPM langsung berkoordinasi dengan pengurus kelompok tani Lubuk Tapa mengenai rencana kedepan kegiatan yang akan dilakukan oleh anggota dan pengurus.ternyata dalam koordinasi tersebut pengurus kelompok menyampaikan bahwa kelompok  tani lubuk tapa sudah sepakat untuk mengajukan proposal ke Dinas Peternakan dalam usulan ini kelompok meminta bantuan Kambing Boer. Selanjutnya TPM meninjau kelokasi perkebunan milik Sekretaris kelompok Tani Lubuk Tapa adapun luasan lahan yang dimiliki oleh A.Rahman,SH seluas 6 Ha.dilokasi tersebut sudah sebagian ditanami dengan tanaman karet PB 260 bantuan dari Dinas Perkebunan dan sebagian belum ditanami.tapi untuk lobang tanam semuanya sudah dibuat dengan ukuran 20cm x 25cm.selain itu juga ditanami tanaman sela berupa Jagung,Talas,Tomat Kecil,Kacang Panjang dan tanaman pisang. Diharapkan dengan penambahan tanaman sela ini dapat memberi semangat petani untuk selalu menjaga dan merawat kebunnya.serta meningkatkan pendapatan dari tanaman yang diusahakan.disekitar lahan milik A.Rahman,SH terdapat juga lahan tanaman karet milik  anggota terdiri dari 6 anggota dengan luasan masing-masing 2 Ha.
 

Kelompok Tani  menaman Bibit Karet Desa Lubuk Tapak Kecamatan Karang Dapo I Kab.  Musi Rawas

Bibit Karet yang baru ditanama Desa Lubuk Tapak Kecamatan Karang Dapo I Kab.  Musi Rawas

Tanaman Kacang Desa Lubuk Tapa Karang Dapo I Kab. Musi Rawas

Tanaman Jagung Desa Lubuk Tapa Karang Dapo I Kab. Musi Rawas


TPM Melihat Bibit Karet  Bantuan Dinas Perkebunan Kab. Musi Rawas


Rumah Yang Didirikan Tengah-tengah Luasan Lahan