KUNJUNGAN KE KECAMATAN NIBUNG DAN KECAMATAN RAWAS ULU

Pada tanggal 2 oktober 2013 dilakukan kunjungan ke lokasi sasaran kegiatan penguatan kelembagaan masyarakat tani dalam mendukung pengembangan kawasan sistem pertanian terpadu berbasis karet tahun anggaran 2013. Tim yang mengikuti kunjungan terdiri dari TPM dan Koordinator Lapangan. Adapun lokasi yang dikunjungi adalah kelompok tani (poktan) yang berada di Kecamatan Nibung dan Kecamatan Rawas Ulu. 

Lokasi pertama yang dikunjungi adalah Kecamatan Nibung. Kecamatan Nibung ini merupakan lokasi paling jauh yang berbatasan langsung dengan Provinsi Jambi. Kunjungan pertama dilakukan ke Kantor Kecamatan Nibung untuk menyerahkan surat izin kegiatan pendampingan dari Bakesbang Pol dan Linmas Kabupaten Musi Rawas. Di Kantor camat tim pendamping diterima oleh Sekretaris Camat. Beliau mengucapkan terimakasih atas perhatian dari Dinas Perkebunan dan Universitas Brawijaya yang telah membina kelompok tani di Kecamatan Nibung. Sekretaris Camat Nibung siap membantu apapun yang diperlukan selama kegiatan Pendampingan.

Selanjutnya tim pendamping menuju ke Kantor Polsek Nibung untuk menyerahkan tembusan surat izin kegiatan pendampingan. Di kantor polsek tim pendamping diterima oleh petugas piket. 

Kunjungan dilanjutkan ke Kelompok Tani PB 260 dan Maju Lancar. Tim menemui pengurus kedua kelompok tani tersebut di rumah kepala desa. Pengurus kelompok tani tersebut menyatakan kesiapannya mengikuti pelatihan dan magang di jawa timur. Untuk kelengkapan administrasi kelembagaan kelompok tani baik PB260 dan Maju Lancar masih belum ada. 

Kunjungan ke Polsek Rawas Ulu, Kantor Camat Rawas Ulu dan Kelompok Tani Wana Citra Desa Sungai Jauh Kecamatan Rawas Ulu

Kunjungan selanjutnya dilanjutkan menuju ke Kecamatan Rawas Ulu. Tim pendamping menuju ke kantor kecamatan Rawas Ulu untuk menyerahkan surat izin kegiatan pendampingan. Di kantor camat tim diterima oleh staf kecamatan. Setelah dari kantor camat tim pendamping menuju ke kantor polsek Rawas Ulu untuk menyerahkan surat izin kegiatan pendampingan. Karena kantor polsek masih belum bisa digunakan akibat dibakar masa pada bulan Juli yang lalu, aktifitas kantor plosek Rawas Ulu pindah ke dekat kecamatan. Dikantor polsek kami diterima oleh petugas jaga.

Selanjutnya kami menuju ke kelompok tani Wana Citra Desa Sungai Jauh Kecamatan Rawas Ulu. Di sekretariat kelompok tani wana citra tim pendamping diterima oleh ketua kelompok tani. Ketua kelompok tani wana citra menyatakan kesiapannya mengikuti kegiata pelatihan dan magang di jawa timur. Kelengkapan administrasi yang ada di sekretariat tersebut antara lain buku tamu, buku rekap keuangan dan berita acara pembentukan kelompok tani.

Berikut adalah dokumentasi dari kegiatan kunjungan tersebut:

Akses menuju ke Kecamatan Nibung

Akses menuju ke Kelompok tani PB260 dan Maju Lancar
Desa Sumber Makmur Kecamatan Nibung

Tim TPM saat menyerahkan surat izin kegiatan pendampingan
ke Polsek Nibung

Akses menuju ke Kelompok tani PB260 dan Maju Lancar
Desa Sumber Makmur Kecamatan Nibung

Tim TPM saat menyerahkan surat izin kegiatan penampingan
 ke Kecamatan Nibung dan diterima oleh Sekretaris camat Nibung  

Tim TPM saat menemui Sekretaris Desa Sumber Makmur

Potensi Lebah yang ada di Desa Sumber Makmur
 yang saat ini menempati beberapa rumah warga 

Tim TPM saat menemui kepala desa sumber makmur


Dokumentasi kunjungan ke kecamatan rawas ulu


Koordinator lapangan bersama TPM di kantor Camat Rawas Ulu 
pada saat menyampaikan surat izin

Penyampaian surat izin kegiatan di kantor Polsek Rawas Ulu 

Korlap dan TPM pada saat sosialisasi di rumah ketua kelompok tani Wana Citra 
Desa Sungai jauh kec.Rawas Ulu

Kondisi kantor Polsek Rawas Ulu yang rusak akibat dibakar massa