GARDAMAS PADA KEGIATAN MEMANEN SEMANGKA DAN KUNJUNGAN DEMOPLOT DEMOPLOT

Pada hari Sabtu tanggal 4 Mei 2013, pengurus GARDAMAS MURA dan Pendamping Pemberdayaan Masyarakat dari Universitas Brawijaya (UB) berkunjung ke Kelompok Tani (Poktan) Sinar Musi Desa Bingin Jungut Kecamatan Muara Kelingi Kabupaten Musi Rawas. Kegiatan pada kunjungan tersebut dalam rangka panen semangka bersama anggota Poktan Sinar Musi. Adapun luas lahan yang ditanami semangka seluas 1 Ha.

Anggota Poktan Sinar Musi yang menanam semangka adalah Muhtarom dan Onden. Kegiatan memanen dimulai pada pukul 07.00 WIB. Kegiatan memanen dibantu oleh anggota Poktan Sinar Musi sebanyak 25 orang. Pembagian tugas dalam kegiatan panen tersebut dilakukan secara merata. Anggota Poktan berdasarkan tugasnya terbagi menjadi pemetik buah semangka, pengangkut buah semangka ke tempat penimbangan dengan menggunakan sepeda motor, menata buah semangka yang akan ditimbang dan terakhir sebagai penimbang buah semangka selanjutnya langsung menaikkan buah ke truk pengangkut.

Suasana gotong royong sangat terasa dalam kegiatan panen tersebut. Tua dan muda saling bekerjasama dan tampak rukun. Begitupun pengurus GARDAMAS MURA langsung membaur bersama anggota Poktan untuk membantu kegiatan panen semangka. 

Ada sebuah kejadian yang membuat kegiatan panen tersebut terhenti untuk beberapa saat. salah seorang pemilik lahan yang lahannya menjadi jalan untuk mengangkut buah semangka merasa tidak terima. Orang tersebut tidak terima jika jalan tersebut dilewati oleh petani yang mengangkut hasil panen semangka ke tempat penimbangan. Alasannya jalan tersebut adalah jalan pribadi, tidakuntuk umum. Orang tersebut merupakan penduduk asli dan mempunyai kebun sawit di sekitar lahan semangka. Hampir saja terjadi pertumpahan darah pada saat itu. Untunglah dengan pendekatan kekeluargaan dan saling pengertian antara pemilik jalan dan anggota Poktan Sinar Musi, masalah tersebut bisa diselesaikan dengan baik.

Hasil panen semangka diperkirakan mencapai 12 ton. Buah semangka tersebut nanti akan dijual kepada pedagang buah besar untuk selanjutnya dibawa ke Bengkulu, Jambi dan Sumatra Barat. Sebuah hasil yang sangat mengembirakan bagi Muhtarom dan Onden. Hasil tersebut selanjutnya akan digunakan untuk modal menanam semangka kembali dan untuk ditabung. 

Kegiatan selanjutnya yaitu kunjungan ke Lahan Demoplot Perkebunan Karet Terpadu. Disini pengurus GARDAMAS MURA melihat-lihat perkembangan percontohan ternak sapi bali, tanaman karet, tanaman buah semangka yang berada di lahan Demoplot.

Perkembangan percontohan ternak sapi bali terlihat bagus dan sehat. Kondisi kandang bersih dan terawat. Kebutuhan pakan sapi juga terjamin dan sehat. Disekitar kandang percontohan ternak sapi bali tersebut terdapat rumput pakan ternak yang tumbuh lebat dan subur. Jenis rumput tersebut adalah rumput gajah panjang dan pendek. Disini terlihat kesadaran petani mulai tumbuh untuk menanam tanaman ternak di sekitar areal kandang, sehingga kebutuhan pakan ternak bisa terpenuhi dengan baik.

Perkembangan tanaman karet juga menunjukkan hasil yang baik. Tanaman karet sudah bertambah pertumbuhannya daripada kunjungan 1 minggu yang lalu. Terlihat tunas sudah bertambah kembali dan petani juga mau membersihkan sekitar area tanaman karet dari tumput liar. Pertumbuhan tinggi tanaman karet bervariasi antara 0,5 meter, 1 meter 1,5 meter dan lebih dari 1,5 meter.

Selanjutnya tanaman buah semangka yang ditanam di lahan Demoplot Perkebunan Karet Terpadu oleh Sugito sudah berbuah lebat. Ukuran buahnya sudah sebesar bola. Diperkirakan 1 minggu atau 7 hari lagi tanaman buah semangka tersebut sudah bisa dipanen. 

Berikut adalah dokumentasi dari kegiatan tersebut.

1. Kegiatan Panen Semangka Anggota Kelompok Tani Sinar Musi 

Anggota Kelompok Tani Sinar Musi saat bergotong royong
memanen semangka

Pengurus GARDAMAS MURA bersama Sugito, Ketua Kelompok Tani
Sinar Musi 

Buah Semangka yang baru dipetik dan dikumpulkan

Lahan tanaman buah semangka yang sedang dipanen

Muhtarom (No.1 dari kanan) Pemilik tanaman buah semangka
yang sedang dipanen

Anggota Poktan Sinar Musi sedang beristirahat sambil menikmati
buah semangka

Anggota Poktan Sinar Musi sedang beristirahat 
Anggota Poktan Sinar Musi sedang mengangkut semangka
ke tempat penimbangan

Anggota Poktan Sinar Musi sedang mengangkut semangka
ke tempat penimbangan

Buah Semangka ketika berada di tempat penimbangan

Buah Semangka ketika berada di tempat penimbangan

Kegiatan penimbangan buah semangka


2. Perkembangan Demoplot Perkebunan Karet Terpadu

Kondisi Sapi Bali yang dipelihara di Areal Demoplot Perkebunan Karet Terpadu

Kondisi tanaman rumput untuk pakan ternak yang subur

Kondisi tanaman karet yang pertumbuhannya mencapai tinggi 1,5 m 

Kondisi tanaman karet yang pertumbuhannya mencapai tinggi 1 m 

Kondisi Tanaman Semangka yang akan dipanen 1 minggu lagi